BPBD PONOROGO DAMPINGI PELATIHAN TANGGAP DARURAT BENCANA DI KELURAHAN KAUMAN

Ponorogo – Salah satu upaya yang dilakukan dalam pengurangan risiko bencana yaitu dengan memberikan pelatihan kepada masyarakat mengenai kebencanaan termasuk apa yang harus dilakukan ketika terjadi bencana sebelum petugas BPBD datang.

Kegiatan Pelatihan dan Simulasi Penggunaan Peralatan Kesiapsiagaan Bencana di Kelurahan Kauman, Kecamatan Ponorogo yang didampingi oleh BPBD Kabupaten Ponorogo digelar di halaman UPTD Sentra Industri Kabupaten Ponorogo yang diikuti sebanyak 11 relawan dari tokoh masyarakat dan tokoh pemuda dari Kelurahan Kauman, Rabu (07/12).

Dalam sambutannya Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Ponorogo Henry Indrawardana menyampaikan pelatihan dan simulasi tanggap darurat bencana perlu dilakukan dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi ancaman bencana, khususnya ancaman bencana Hidrometrologi di musim penghujan saat ini.

“Pelatihan dan simulasi tanggap darurat bencana yang diadakan oleh Kelurahan Kauman ini perlu ditiru oleh Kelurahan lain untuk membentuk kesiapsiagaan terhadap bencana di wilayah Kabupaten Ponorogo karena bencana adalah tanggung jawab bersama” pungkasnya.(rh)